Sondir Terdekat Solo

Ahli Sondir Jawa Tengah

Sondir Terdekat Solo – Dalam proses perijinan bangunan (IMB) pada bangunan tinggi, 3 lantai keatas, terdapat persyaratan uji sondir sebagai salah satu syarat penting dalam pemenuhan syarat teknis bangunan.

Pengujian sondir merupakan salah satu pengujian penetrasi yang bertujuan untuk mengetahui daya dukung tanah pada setiap lapisan serta mengetahui kedalaman lapisan pendukung yaitu lapisan tanah keras. Hal ini dimaksudkan agar dalam mendesain Pondasi yang akan digunakan sebagai penyokong kolom bangunan diatasnya memiliki faktor Keamanan (safety factor) yang  tinggi sehingga bangunan diatasnya tetap kuat dan tidak mengalami penurunan atau settlement yang dapat membahayakan dari sisi keselamatan akan bangunan dan penghuni didalamnya.

 Pengertian Uji Sondir Tanah Solo

Sondir atau Cone Penetrometer Test atau CPT adalah suatu uji dengan melakukan penetrasi konus ke dalam tanah yang bertujuan untuk mengetahui daya dukung tanah tiap kedalaman tertentu berdasarkan parameter-parameter perlawanan tanah terhadap ujung konus dan hambatan akibat lekatan tanah dengan selubung konus.

Uji sondir mengunakan alat berbentuk silindris dengan ujungnya berupa konus. Biasanya dipakai adalah bi-conus type Begemann yang dilengkapi dengan selimut/jacket untuk mengukur hambatan pelekat lokal (side friction) dengan dimensi sbb :

  • Sudut kerucut conus  : 60’
  • Luas penampang conus  : 10.00cm2
  • Luas selimut/jacket  : 150cm2.

Dalam uji sondir, stang alat ini ditekan ke dalam tanah dan kemudian perlawanan tanah terhadap ujung sondir (tahanan ujung) dan gesekan pada silimur silinder diukur. Alat ini telah lama di Indonesia dan telah digunakan hampir pada setiap penyelidikan tanah pada pekerjaan teknik sipil karena relatif mudah pemakaiannya, cepat dan amat ekonomis.

Fungsi Uji Sondir

Pengerjaan sondir dilakukan sebelum mendirikan bangunan, baik itu bangunan skala kecil ataupun skala besar. Adapun fungsi dari pengerjaan sondir yaitu :

  • Menentukan jenis pondasi yang sesuai untuk dipasang
  • Membantu memilih jenis lapisan tanah yang tepat untuk dijadikan landasan pondasi bangunan
  • Meminimalisir terjadinya crack pada pondasi sehingga terhindar dari resiko bangunan roboh atau ambruk
  • Menentukan lapisan tanah keras atau tanah sondir dengan cepat
  • Membantu pemantauan perbedaan lapisan setiap bagian tanah dalam
  • Mengetahui dengan mudah letak muka air tanah
  • Mengetahui nilai daya dukung tanah
  • Sangat cocok untuk karakter tanah lunak atau lempung di wilayah Indonesia

Pengujian sondir tentu saja harus dilakukan oleh orang-orang yang berpengalaman dibidang sipil, karena jika konus dan bikonus tidak berfungsi dengan baik maka hasil pengukurannya tidak akurat. Selain itu, Alat sondir juga tidak bisa digunakan untuk pengujian di lokasi yang tanahnya kasar atau berbutir seperti di daerah pertambangan.

Harga Sondir Tanah Terbaru

Untuk menentukan harga pertitik tidaklah sama dengan wilayah solo di karnakan jarak lokasi yang akan di kerjakan berbeda beda ,ada yang dekat dengan work sop kami ada pula yang jauh maka penetuan untuk harga terbaru kami harap menghu bungi watsap yang akan kita berikan di bawah kami

Alamat Kantor Cabang Kami

Jl. Boulevard Grand Solo City, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Solo, Jawa Barat 16412

Tel : 082157195925

Informasi

Pada tanggal 9 April 2023 kami sedang melksanakan pengujian sondir tanah  di Solo untuk pembangunan Rumah Tinggal dan hasil yang kami dapatkan adalah tanah penutup dikedalaman 4 meter ,tanah pasir di kedalaman 3 meter,tanah kelai di kedalaman 8 meter dan di kedalaman 10 meter di ketemukan dengan tanah keras sehingga pengambilan data lapangan di hentika karna nilai untuk tekan di 250 bar.

SEJARAH SOLO

Sejarah kuno Solo dimulai ketika ditemukannya manusia purba Homo erectus di Sangiran, Kabupaten Sragen. Selain itu sebuah penelitian menyebutkan bahwa nama Solo ada karena Kota Surakarta didirikan di sebuah desa bernama Desa Sala, di tepi Sungai Solo.

Sampai tahun 1744, Solo dikenal sebagai desa terpencil dan tenang, berjarak 10 km ke timur dari Kartusura, pusat Kerajaan Mataram pada waktu itu. Tetapi pada masa kepemimpinan Susuhan Mataram Pakubuwono II, Kerajaan Mataram didukung China melakukan perlawanan terhadap Belanda. Sebagai akibatnya Kartusura akhirnya diduduki oleh Belanda. Kondisi ini menghatuskan Pakubuwono II mencari tempat yang lebih menguntungkan untuk membangun kembali kerajaannya dan pada tahun 1745 kerajaan di Kartusura dibongkar dan diangkut dalam sebuah prosesi ke Surakarta, di tepi Sungai Solo.

Namun kejayaan kerajaan terus menurun, pada tahun 1757 sebuah kerajaan saingan dari Mangkunegoro didirikan tepat di pusat Solo. Namun bangsawan dengan bijak menghindari pertempuran dan mencurahkan energinya untuk mengembangkan seni dan budaya kerajaan yang anggun dan menawan. Paviliun gamelan menjadi arena baru persaingan, masing-masing kerajaan berkompetisi menghasilkan budaya kerajaan yang lebih halus dan kondisi ini masih berlanjut sampai sekarang.

Alamat kami di Solo 

Jl. Ronggowarsito No.153, Timuran, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57131

Tag

sondir terdekat solo, jasa sondir tanah solo,sondir terdekat solo,sondir yang di minati di solo,sondir terbagus di solo gdc,sumur bor solo,

 

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Info Lainnya
error: Mau Copas? Mau Donk!